fbpx

4 Cara Mengelola Keuangan Pribadi Saat Social Distancing

4 Cara Mengelola Keuangan Pribadi Saat Social Distancing

4 Cara Mengelola Keuangan Pribadi Saat Social Distancing

Social distancing artinya menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter sehingga kita tidak diperkenankan untuk menjabat tangan atau saling bersentuhan. Langkah ini diambil demi mencegah meluasnya penyebaran virus corona, yang telah memakan korban jiwa hingga lebih dari seratus ribu orang.

Karena harus menjalankan social distancing, pemerintah pun menganjurkan kita untuk work from home (WFH). Perubahan rutinitas ini mengharuskan adanya penyesuaian keuangan sehari-hari. Nah, agar kondisi finansial tetap aman selama masa social distancing ini, berikut cara mengelola keuangan pribadi yang bisa kamu praktikkan.

Review pengeluaran bulanan kamu

Review pengeluaran bulanan kamu

Kebutuhan selama WFH mungkin agak sedikit berbeda dari ketika kamu bekerja di kantor tiap harinya. Tentunya dibutuhkan penyesuaian agar kebutuhan sehari-hari tetap terpenuhi tanpa mengganggu cash flow. Coba, deh, luangkan waktu untuk me-review pengeluaran bulanan kamu. Selain itu, buat pula prediksi daftar pengeluaran sebulan ke depan saat social distancing di rumah.

Dari hasil review ini, kamu bakal mengetahui pos pengeluaran mana yang biayanya bisa dialihkan untuk pengeluaran selama social distancing. Misalnya, karena WFH, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi. Nah, kamu bisa mengalihkan biaya tersebut untuk membayar tagihan listrik pada bulan berikutnya. Pasalnya, kemungkinan besar tagihan listrik bakal bertambah karena kamu lebih sering menghabiskan waktu di rumah untuk WFH.

Utamakan kebutuhan dan kewajiban dulu

Selagi me-review pengeluaran bulanan, jangan lupa cek apakah ada pos pengeluaran yang sekiranya tidak terlalu urgent. Lalu, ketika membuat prediksi pengeluaran untuk sebulan ke depan, cara mengelola keuangan pribadi selanjutnya adalah prioritaskan pengeluaran yang termasuk kategori kebutuhan dan kewajiban terlebih dulu.

Kategori kebutuhan mencakup pengeluaran untuk memenuhi hidup sehari-hari, misalnya bahan makanan dan tagihan listrik. Sementara itu, contoh kategori kewajiban adalah cicilan kartu kredit atau premi asuransi. Apabila kedua hal tersebut telah dipenuhi, baru kamu bisa move on ke pengeluaran yang sifatnya hiburan seperti belanja online atau jajan. Namun, tetap batasi jumlah pengeluarannya, ya. Kamu masih harus menyisihkan uang untuk investasi!

Jangan panic buying, buat meal plan dua mingguan

Jangan panic buying, buat meal plan dua mingguan

Menyebarnya virus corona menimbulkan kekhawatiran akan berkurangnya pasokan makanan di pasaran. Alhasil, sejumlah masyarakat pun cenderung panic buying sehingga belanja dalam jumlah banyak dan cenderung menimbun. Padahal, pemerintah Indonesia telah memastikan bahwa pasokan makanan dan kebutuhan rumah tangga bakal tetap aman. Jadi, tidak ada alasan bagi kamu untuk panic buying, ya. Lagi pula, hal tersebut tidak bakal mendukung cara mengelola keuangan pribadi kamu.

Belanjalah dengan bijak, Xultan. Sebaiknya buat meal plan untuk dua minggu ke depan, tentukan makanan apa saja yang mau kamu masak dan makan. Dengan begini, kamu bisa tahu bahan apa saja yang perlu dibeli dan seberapa banyak kamu harus membelinya. Dari meal plan pula, kamu punya kesempatan untuk berhemat. Misalnya, kamu bisa memasak makanan seperti rawon atau rendang yang biasanya masih enak dinikmati hingga beberapa hari.

Tetap berinvestasi walaupun sedikit

Walaupun sedang social distancing, investasi tetap wajib kamu lakukan. Apalagi memang tidak ada yang tahu pasti kapan situasi ini bakal berakhir. Jadi, menyiapkan investasi untuk dana darurat merupakan langkah tepat. Mungkin ada beberapa dari kamu yang berkurang pemasukannya akibat corona, maka tidak apa-apa untuk mengurangi sedikit porsi investasi. Hal yang lebih penting adalah kamu konsisten melakukannya.

Apalagi saat ini investasi bisa dilakukan dengan mudah berkat kehadiran aplikasi seperti Xsaver. Xsaver merupakan aplikasi reksadana pasar uang yang menawarkan produk Mandiri Investa Pasar Uang. Karena berbentuk aplikasi, Xsaver memungkinkan kamu untuk berinvestasi langsung dari smartphone kamu. Cukup download dari Google Play Store atau Appstore, ya!

 

Walaupun sedang melakukan social distancing akibat corona, mengelola keuangan tetap wajib dilakukan. Nah, agar prosesnya lancar, kamu bisa menerapkan beberapa cara mengelola keuangan pribadi di atas. Semoga cash flow pribadi kamu selalu lancar ya, Xultan!