fbpx

4 Cara Kerja yang Efektif Walau dari Rumah

4 Cara Kerja yang Efektif Walau dari Rumah

4 Cara Kerja yang Efektif Walau dari Rumah

Sesuai dengan arahan dari pemerintah untuk melaksanakan physical distancing demi mencegah penyebaran virus corona, banyak perusahaan di Indonesia yang mewajibkan para karyawannya untuk work from home (WFH) atau kerja dari rumah. Di satu sisi, WFH memang terdengar menyenangkan karena kamu bisa sambil bersantai di rumah. Namun, di sisi lain, beberapa orang justru merasa sulit berkonsentrasi. Padahal, deadline tetap berjalan sehingga butuh cara kerja yang efektif.

Belum lagi adanya distraksi atau gangguan saat bekerja di rumah, entah itu datang dari orang rumah atau koneksi internet yang melambat sehingga membuat kamu tidak bisa berkomunikasi lancar dengan rekan kantor. Nah, agar efektivitas kerja tetap terjaga walaupun harus WFH, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Rundingkan aturan dengan keluarga

Memang senang rasanya bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga saat WFH. Namun, terkadang distraksi saat WFH justru datangnya dari keluarga. Misalnya, saat sedang video call dengan rekan kantor, tiba-tiba orang tua atau pasangan berteriak memanggil kamu untuk melakukan sesuatu. Sepele, sih, tapi bisa mengganggu konsentrasi dan efektivitas kerja. Karenanya, komunikasikan hal ini dengan keluarga. Jelaskan bahwa kamu di rumah bukan sedang cuti atau libur, tapi bekerja seperti biasa

Awali hari selayaknya kamu mau berangkat ngantor

Awali hari selayaknya kamu mau berangkat ngantor

Selanjutnya, cara kerja yang efektif adalah dengan mengaktifkan “work mode” pada diri sendiri. Artinya, tetaplah bangun pagi hari seperti ketika kamu akan berangkat ngantor. Jangan lupa mandi agar badan terasa lebih segar. Bahkan kalau perlu, kamu bisa mengenakan pakaian yang biasa kamu kenakan saat ngantor agar vibe kerja lebih terasa.

Ingin lebih totalitas lagi? Semprotkan parfum dan buat para perempuan, kamu bisa menggunakan make up natural. Lalu, jalan-jalan sebentar mengitari rumah seolah-olah kamu mau benar-benar mau berangkat kerja. Walaupun tidak ada orang yang melihat pun tidak apa-apa, Xultan. Selama bisa membantu cara kerja yang efektif, why not?

Jauhi kasur, siapkan spot kerja khusus

Salah satu kenikmatan WFH adalah bisa bekerja dengan lebih santai. Walaupun begitu, sebaiknya kamu tidak bekerja di area kasur. Bukannya santai, kamu justru bakal rentan tergoda untuk rebahan dan berakhir ketiduran. Sebaiknya sediakan spot kerja khusus yang bukan kasur. Usahakan spot ini jauh dari distraksi dan gangguan, misalnya jauh dari ruang bermain anak atau bebas dari suara TV. Dengan begini, kamu bisa lebih berkonsentrasi selama bekerja di rumah.

Tentukan jadwal kerja dalam sehari

Tentukan jadwal kerja dalam sehari

Seperti yang disebutkan di awal, kamu disarankan untuk mengaktifkan work mode sebagai cara kerja yang efektif di rumah. Hal ini juga mencakup jadwal kerja dalam sehari, Xultan. Maksudnya, tetapkan patokan waktu bekerja selayaknya di kantor. Misalnya, kalau selama ini jam kerja di kantor adalah pukul 08:00 hingga 17:00, maka jam kerja WFH pun sebaiknya berlaku sama.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk mulai dan berhenti bekerja. Selain itu, adanya penetapan waktu juga membantu kamu melakukan persiapan kerja. Karena tahu bakal mulai kerja di rumah pukul 08:00, kamu bisa mandi dan mulai menyiapkan laptop sejak pukul 07:00. Lalu, selepas pukul 17:00, kamu bisa mengaktifkan kembali relax mode. Komunikasikan hal ini dengan rekan-rekan kantor agar proses bekerja tetap berjalan baik.

 

Bagi sebagian orang, WFH atau bekerja dari rumah justru menjadi tantangan karena sulit berkonsentrasi. Berbekal tips-tips di atas, semoga kamu bisa menerapkan cara kerja yang efektif walau di rumah sekali pun, ya. Happy working!