fbpx

4 Cara Hemat Belanja Kebutuhan Hidup di Masa Pandemi

4 Cara Hemat Belanja Kebutuhan Hidup di Masa Pandemi

4 Cara Hemat Belanja Kebutuhan Hidup di Masa Pandemi

Meluasnya wabah virus corona mengharuskan kita untuk stay #dirumahaja. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada aktivitas yang harus kita lakukan di luar rumah, termasuk belanja untuk kebutuhan sehari-hari. Alhasil, aktivitas belanja pun memerlukan adaptasi, baik dari segi keuangan dan keamanannya. Nah, agar hal-hal tersebut dapat berjalan beriringan, berikut cara hemat belanja kebutuhan hidup di masa pandemi secara aman!

Tidak perlu panic buying, sesuaikan dengan kebutuhan

Situasi pandemi yang serba tidak pasti memang wajar membuat panik. Walaupun begitu, bukan berarti kamu harus memborong bahan-bahan makanan dalam jumlah banyak alias panic buying. Alasannya, sih, untuk menyetok karena khawatir bakal kehabisan. Padahal, hal tersebut cuma bakal memperburuk keadaan, lho. Stok di pasaran jadi habis di saat tingkat produksi sedang mengalami penurunan. Efeknya pasti bakal saling bersinggungan dan tentunya tidak baik juga untuk situasi negara, Xultan.

Sebelum belanja, coba buat meal plan selama dua minggu atau sebulan ke depan. Dengan begitu, kamu tahu apa yang harus dibeli sehingga tidak berlebihan dalam melakukannya. Terlebih, menyusun meal plan juga dapat menjadi cara hemat belanja karena menghindarkan kamu dari belanja hal-hal yang tidak perlu. Lumayan, kan, kamu bisa pakai uangnya untuk berinvestasi?

Bayar pakai dompet digital

Bayar pakai dompet digital

Virus corona bisa menyebar melalui droplet atau cairan berpartikel kecil dari mulut atau hidung. Droplet tersebut dapat menempel di permukaan apa pun, termasuk uang. Oleh sebab itu, saat melakukan pembayaran setelah belanja, sebaiknya kamu tidak menggunakan uang tunai.

Untuk meminimalisir risiko, ganti pembayaran dengan memakai aplikasi dompet digital yang ada pada smartphone. Terlebih, biasanya penyedia layanan dompet digital cukup sering menawarkan promo menarik untuk para pelanggan, baik dalam bentuk disko maupun cashback. Lumayan, kan, bisa mendukung cara hemat belanja kebutuhan hidup kamu di masa pandemi ini.

Lebih oke kalau belanja online saja

Kalau mau belanja kebutuhan hidup secara lebih aman dan praktis, belanja online merupakan langkah yang tepat. Saat ini sudah banyak, kok, toko atau swalayan yang menyediakan layanan pengiriman sampai ke pintu rumah kamu. Cukup menghubungi mereka lewat chat, telepon, atau aplikasi, dan pesanan belanja kamu bakal diantarkan ke rumah.

Saat menerima paket pesanan, minta kurir untuk meletakkannya di depan pintu rumah untuk menghindari kontak langsung. Lalu, bersihkan paket pesanan dengan mencucinya menggunakan air mengalir atau menyemprotkan cairan disinfektan. Kalau sudah, jemur paket tersebut selama kurang lebih 15-30 menit. Keluarkan belanjaan kamu dan segera buang pembungkusnya. Jangan lupa membersihkan barang yang ada dalam paket tersebut. Begitu semua selesai, langsung cuci tangan kamu menggunakan sabun.

Wajib lakukan protokol keamanan

Wajib lakukan protokol keamanan

Menerapkan cara hemat belanja tidak boleh melupakan prosedur keamanan di tengah pandemi. Saat keluar rumah, usahakan untuk mengenakan pakaian berlengan panjang dan wajib memakai masker. Pakai tisu di jari untuk menyentuh permukaan apa pun karena kita tidak tahu di mana virus corona bisa hinggap. Selama berada di luar, jangan lupa jaga jarak dengan orang lain.

Lalu, ketika sampai kembali di rumah, buka sepatu sebelum masuk. Letakkan dompet, kunci, smartphone, dan lain-lain pada kotak khusus di pintu masuk rumah. Bersihkan barang-barang tersebut dengan disinfektan atau alkohol. Segera buka baju dan masukkan ke cucian, kemudian mandi. Jika tidak mandi, bersihkan semua area kulit yang terpapar udara luar.

 

Itulah beberapa tips terkait cara hemat belanja kebutuhan hidup di masa pandemi. Ingat, jangan sampai panic buying dan tetap perhatikan prosedur keamanan yang telah ditetapkan. Stay safe and healthy, Xultan!