fbpx

3 Aplikasi Reksadana Terbaik yang Dimiliki Xdana

Aplikasi terbaik reksadana Xdana

3 Aplikasi Reksadana Terbaik yang Dimiliki Xdana

Sudah menjadi salah satu impian PT Xdana Investa Indonesia (Xdana) untuk membantu masyarakat Indonesia dalam berinvestasi. Impian ini diwujudkan melalui kehadiran tiga aplikasi reksadana terbaik dengan nama Xsaver, Xdana Pro, dan Xdana Syariah. Walaupun ketiganya sama-sama dikembangkan oleh Xdana, masing-masing merupakan produk reksadana yang berbeda.

Apabila Xsaver adalah aplikasi reksadana pasar uang, maka Xdana Pro fokus pada reksadana campuran. Sementara itu, Xdana Syariah menjalankan transaksi reksadana dengan berbasis prinsip-prinsip syariah Islam. Biar kamu lebih paham dengan perbedaannya, yuk kenalan dengan ketiga aplikasi reksadana terbaik dari Xdana ini!

Xsaver

Aplikasi Xsaver

Kalau ini adalah pertama kalinya kamu berinvestasi, Xsaver merupakan pilihan aplikasi reksadana yang tepat buat kamu! Seperti yang sudah disebutkan, Xsaver merupakan aplikasi reksadana pasar uang. Nah, dari berbagai jenis reksadana yang ada, reksadana pasar uang memang memiliki tingkat risiko yang paling rendah sehingga cocok untuk para investor pemula.

Ini karena reksadana pasar uang menempatkan dana investor di instrumen-instrumen yang fluktuasinya relatif rendah seperti deposito atau obligasi berjangka waktu setahun. Kalau di Xsaver, sih, produk reksadana yang digunakan adalah Mandiri Investa Pasar Uang, dengan Citibank sebagai bank kustodian-nya.

Asyiknya lagi, kamu juga tidak harus menyiapkan uang banyak untuk bisa mulai berinvestasi menggunakan salah satu aplikasi reksadana terbaik ini. Dengan Xsaver, kamu cuma perlu top up minimal Rp50.000 sebagai modal awal investasi. Sangat terjangkau, kan? Kamu yang masih mahasiswa pun pasti tidak terlalu keberatan buat menyisihkan uang untuk investasi di Xsaver!

Xdana Pro

Dibandingkan dengan Xsaver, Xdana Pro menawarkan produk-produk reksadana yang lebih beragam. Salah satu aplikasi reksadana terbaik dari Xdana ini memang lebih ditujukan kepada nasabah yang ingin mencoba berbagai jenis reksadana. Artinya, kamu bisa berinvestasi pada instrumen-instrumen pasar uang, pendapatan tetap, hingga saham.

Untuk memastikan agar produk reksadana yang kamu beli benar-benar sesuai dengan profil risiko investasi kamu, di awal registrasi kamu bakal diminta menjawab sejumlah pertanyaan. Lalu, Xdana Pro pun memberikan rekomendasi produk-produk reksadana apa sajakah yang sesuai dengan hasil profil risiko kamu.

Kalau sudah mulai berinvestasi dan membangun portofolio reksadana, kamu bisa mengeceknya secara mudah di aplikasi Xdana Pro. Tersedia satu halaman ringkasan portofolio yang memungkinkan kamu untuk melihat seluruh produk reksadana yang sudah dibeli. Tidak ketinggalan fitur khusus yang menampilkan kinerja produk reksadana kamu dari waktu ke waktu.

Xdana Syariah

Aplikasi Xdana Syariah

Khawatir kalau kedua aplikasi reksadana terbaik di atas kurang sesuai dengan prinsip syariah yang kamu yakini? Tenang saja, Xultan, Xdana juga mengeluarkan produk Xdana Syariah, yaitu aplikasi reksadana yang setiap prosesnya dijalankan berdasarkan hukum serta syariah Islam. Bahkan ada pula proses cleansing untuk menyeleksi proses reksadana dari hal-hal yang berpotensi merusak kehalalan pertumbuhan investasi. Proses cleansing ini dilakukan oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Tentunya selain DPS, Xdana Syariah juga tetap diawasi oleh OJK, ya. Sama juga seperti Xsaver dan Xdana Pro, jadi kamu tidak perlu mengkhawatirkan legalitasnya. Melalui Xdana Pro, kamu bisa menginvestasikan uang kamu ke berbagai produk reksadana syariah.

Misalnya, untuk reksadana pasar uang syariah, nantinya uang kamu bakal bisa ditempatkan di deposito syariah, sertifikat deposito syariah, atau surat berharga syariah negara. Tentunya karena merupakan investasi berbasis syariah, Xdana Syariah dijamin bebas riba ya, Xultan.

 

Ketiga aplikasi reksadana terbaik di atas merupakan bukti komitmen Xdana untuk meningkatkan investasi di Indonesia. Melalui berbagai kemudahan yang diberikan, harapannya adalah masyarakat Indonesia akan terdorong untuk mulai berinvestasi. Kalau kamu, sudah download aplikasi Xdana yang mana, nih?