Why You Should Start Financial Planning Early

Why You Should Start Financial Planning Early

Sudah mau sebulan masuk ke tahun yang baru, apakah kamu sudah buat resolusi tahun baru? Satu resolusi yang wajib kamu tekuni tahun ini adalah untuk melek keuangan dan mulai merencanakan keuangan kamu untuk target-target setahun, lima tahun, bahkan 20 tahun ke depan.

Tentu saja mimpi kamu bisa terwujud, tapi mimpi cuma jadi mimpi kalau bukan kamu yang beraksi. Berikut beberapa alasan yang bisa bikin kamu merasa harus banget mulai merencanakan keuangan sekarang juga :

  1. Melihat Pola Pengeluaran
    Kamu Sekarang Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk merencanakan keuangan adalah mengecek pengeluaran kamu. Apakah kamu terlalu banyak pengeluaran untuk ngopi pagi, coba restoran atau gadget terbaru dibandingkan pendapatan? Dengan mengetahui proporsi pengeluaran, kamu bisa mengontrol pengeluaran dengan lebih baik.
  2. Melacak Progress ke Target Finansial Kamu
    Begitu kamu sudah menentukan target finansial kamu, kamu dapat menyisihkan uang setiap bulan yang bisa ditabung atau diinvestasikan untuk mewujudkan target ini.
  3. Sedia Payung Sebelum Hujan
    Musibah dapat menghampiri tanpa diundang. Dengan merencanakan keuangan dan menyisihkan sebagian penghasilan untuk dana darurat, maka kamu bisa bernapas lebih lega dan mengurangi kepanikan apabila ada hal yang tidak diinginkan terjadi.
  4. Melindungi Nilai Uang
    Semua uang yang kamu hasilkan bakal menghadapi inflasi, yaitu kenaikan nilai harga barang terus menerus. Contohnya, ketika kita masih SD uang jajan 1.000 Rupiah sudah bisa mendapatkan makan siang dan jajan namun sekarang, untuk uang parkir saja nggak cukup! Nah, oleh sebab itu dengan melakukan perencanaan keuangan yang salah satunya dengan investasi, kamu bisa melindungi nilai uang supaya tidak tergerus inflasi.

 

Ayo mulai investasikan waktumu hari ini untuk merencanakan masa depanmu yang lebih baik!