About Mutual Fund

About Mutual Fund

Banyak dari kita yang tahu arti kata “investasi”. Namun, seberapa banyak sih masyarakat yang sudah berinvestasi? Padahal, berinvestasi sangat penting bagi kita dalam merencanakan keuangan masa depan. Menabung saja tidak cukup, karena menabung di bank hanya membuat danamu tumbuh di bawah angka inflasi. Dengan berinvestasi, memungkinkan kamu untuk menumbuhkan uangmu di atas angka inflasi sehingga kamu dapat mencapai mimpi-mimpimu di masa depan.

Sekarang ada banyak sekali alat investasi yang beredar dan justru malah membuat kamu jadi bingung. Maka dari itu, kamu perlu memahami lebih dalam tentang produk dan alat investasi tersebut.

Sebelum berinvestasi, hal yang paling sering dipertanyakan oleh calon investor adalah “Apakah produk ini MENGUNTUNGKAN?”, pertanyaan tersebut lebih sering muncul dibandingkan dengan “Apakah produk ini AMAN?”

Salah satu produk investasi yang aman adalah reksa dana. Reksa dana adalah alat investasi yang menghimpun dana investor untuk kemudian dikelola oleh suatu badan hukum yang disebut sebagai manajer investasi (MI), yang mana dana tersebut kemudian diinvestasikan ke dalam instrumen investasi seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang lainnya. Bayangkan sebuah piring yang berisi nasi, lauk ayam, lauk tempe, dan sayur. Nasi tersebut adalah saham perusahaan A, lauk ayam adalah saham perusahaan B, lauk tempe adalah saham perusahaan C, dan sayur adalah surat berharga pemerintah. Piring tersebut adalah reksa dana. Setiap piring (setiap reksa dana) memiliki lauk-pauk (instrumen investasi) yang berbeda-beda. Komposisi lauk atau instrumen investasi diatur oleh manajer investasi.

Selain itu, reksa dana juga merupakan alat investasi yang aman karena terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan proses transaksi yang mudah dan jumlah minimum pembelian yang terjangkau, reksa dana menjadi alat investasi pilihan masyarakat dari berbagai kalangan. Berikut adalah kelebihan dari reksa dana:

  1. Cara aman untuk berinvestasi.
    Pengelola reksa dana wajib memiliki sertifikasi yang sesuai dengan regulasi.
  2. Akses yang mudah untuk berinvestasi.
    Kamu dapat membeli reksa dana melalui Manajer Investasi atau agen penjual. Bahkan sekarang, Reksa Dana dapat dibeli secara online.
  3. Diversifikasi Investasi.
    Kamu dengan mudah dapat memiliki investasi pada alat-alat investasi yang berbeda-beda seperti saham, obligasi, dan deposito.
  4. Tingkat pencairan dana yang tinggi.
    Kamu dapat menjual dan membeli reksa dana kapanpun sesuai kemauannya.
  5. Modal investasi yang terjangkau.
    Dengan kamu punya uang sebesar Rp100.000,00 saja, kamu sudah dapat memiliki sebuah produk reksa dana di Xdana.
  6. Mendapatkan informasi terkait produk reksa dana yang diinvestasikan.
    Investor mendapat laporan bulanan secara rutin mengenai produk investasinya yang diterbitkan oleh manajer investasi. Laporan itu berisi informasi harga satuan produk Reksa Dana (NAB/Unit) dana yang secara umum akan dipublikasikan dan dapat dilihat di media cetak atau online.

 

Dalam reksa dana, seluruh dana yang ada tidak disimpan oleh Manajer Investasi, namun disimpan oleh pihak yang bernama bank kustodian. Bank kustodian berfungsi sebagai pencatat dan pemberi konfirmasi atas semua transaksi jual beli reksa dana, serta menghitung NAB setiap harinya.

Nilai Aktiva Bersih (NAB) adalah nilai yang menggambarkan kekayaan sebuah reksa dana setiap harinya. Nilai ini dipengaruhi harga pasar dan transaksi jual beli reksa dana oleh para investor.

Satuan yang digunakan dalam reksa dana adalah unit penyertaan yaitu satuan yang menunjukkan kepemilikan kamu di dalam suatu reksa dana tertentu. Jumlah unit penyertaan akan sama selama kamu tidak melakukan transaksi apapun. Jumlah unit penyertaan yang kamu dapatkan tergantung dari harga NAB/unit di hari kamu membeli reksa dana tersebut.

Berikut adalah hak dari Investor reksa dana:

  • Mendapatkan bukti kepemilikan unit penyertaan
  • Mendapatkan laporan keuangan secara periodik
  • Menjual kembali dan mengalihkan sebagian atau seluruh unit penyertaan
  • Mendapatkan informasi NAB/unit secara harian
  • Mendapatkan laporan terkait informasi dan transaksi
  • Memperoleh bagian atas hasil pencairan dana

 

Dengan merencanakan keuangan masa depan melalui investasi reksa dana dan mempelajari lebih dalam teknis berinvestasi reksa dana, hal ini akan sangat membantu kamu dalam mencapai mimpi masa depan. Yuk mulai berinvestasi, supaya kita menang di kemudian hari #WinTomorrow.